Buatlah Deskripsi Produk yang akrab

 



 Seniman dan kreator terkadang membuat kesalahan dengan percaya bahwa karya mereka akan terjual dengan sendirinya, tetapi itu tidak bisa jauh dari kebenaran. Di pasar online yang ramai, ada banyak “kebisingan” dan jutaan item untuk dijual. Agar menonjol, Anda harus melibatkan pelanggan, memberi mereka alasan yang kuat untuk membeli, dan memberikan cara yang mudah dan aman untuk melakukan pembelian.

Gambar yang luar biasa penting untuk memberikan presentasi profesional. Mereka menambah kredibilitas Anda sebagai seniman yang serius. Tetapi informasi visual tidak semuanya dibutuhkan. Deskripsi tertulis sangat penting untuk meningkatkan pengalaman berbelanja dan meningkatkan penjualan. Pelanggan membutuhkan informasi untuk dapat membuat keputusan pembelian, yang membuat Anda bebas mendeskripsikan pekerjaan Anda dengan jelas.

Kunjungi situs belanja besar mana pun, Amazon misalnya. Lihatlah deskripsi produk dan lihat bagaimana mereka secara khusus ditulis untuk membantu pelanggan memahami dengan tepat apa yang mereka beli, hingga ke detail terkecil. Anda bahkan mungkin melihat pertanyaan terjawab tentang produk di halaman belanja situs komersial tersebut. Kenapa mereka disana? Karena mereka bekerja. Mereka memberi tahu pelanggan, meningkatkan kepercayaan membeli, dan menjual lebih banyak produk.

Sebagai seorang seniman, Anda juga harus membagikan informasi mendetail tentang karya yang Anda jual secara online. Dan tidak ada penempatan yang lebih baik selain di deskripsi produk yang muncul di halaman dengan karya seni Anda, harga, dan tombol "Beli". Deskripsi tersebut harus ditulis dengan cermat untuk mencapai beberapa tujuan yang mengarah pada penjualan:

Tulis untuk target pelanggan Anda

Apakah Anda tahu pelanggan ideal Anda ?, kolektor Kaigrafi?, hanya kolektor seni?, atau pelanggan yang hanya yang menyukai mempercantik ruangan saja?Apa yang memotivasi dia? Mengapa dia membeli? Apakah dia ingin merasa luar biasa dan menerima pujian saat mengenakan perhiasan buatan tangan Anda yang luar biasa? Apakah dia menciptakan tempat perlindung ujian di apartemennya dengan karya seni yang mencerminkan gayanya yang unik? Apakah dia perlu membeli kado pernikahan yang sangat istimewa yang akan mengesankan penerima dengan selera dan kemurahan hatinya?, dll

Artis yang menghasilkan pesan yang benar-benar berbicara kepada pelanggan ideal mereka lebih cenderung mendapatkan daya tarik, karena mereka membuat hubungan penting dan mencerminkan apa yang diinginkan pelanggan.

Ceritakan sebuah kisah untuk menciptakan resonansi emosional

Orang membeli karena alasan emosional. Konon orang suka membeli, tetapi mereka benci dijual. Jadi, lewati obrolan penjualan, dan jalin hubungan dengan menggunakan kata-kata emosional dalam deskripsi produk Anda. Berikan gambaran tentang bagaimana perasaannya saat beliau meposting status terpasangnya karya buatan tangan Anda, atau menanyakan cara memasang buatan tangan Anda. Dapatkah Anda menjelaskan di mana dia berada, dan bahkan menceritakan sebuah kisah tentang itu?

The  J. Peterman perusahaan pakaian telah lama terkenal karena menceritakan cerita luar biasa yang berkaitan dengan segala sesuatu dalam katalog mereka. Bacalah beberapa deskripsi produk mereka, dan Anda akan menghargai copywriting mereka yang menyenangkan dan menarik. Sangat mudah untuk melihat mengapa mereka berhasil menjual pakaian dan aksesori selama beberapa dekade. Anda juga dapat menggunakan strategi ini untuk menulis paragraf tentang pekerjaan Anda yang melampaui deskripsi dan membawa pembeli ke dunia imajiner, mengarahkan mereka untuk memutuskan bahwa mereka harus memiliki apa yang Anda buat.

Bagikan fitur dan manfaat

Fitur adalah karakteristik dari karya untuk dijual; Manfaat menunjukkan bagaimana mereka mempengaruhi pelanggan. Ciri-ciri adalah hal-hal seperti ukuran dan berat, apakah lukisan siap digantung, apakah ada perhiasan di dalam kotak kado, atau bahan dari mana sebuah karya seni dibuat.

Manfaatnya adalah hal-hal seperti betapa nyamannya lukisan Anda siap digantung, fakta bahwa lukisan tidak akan menunjukan bobotnya kalau banyak pekerjaan tambahan yang harus dikerjakan para pembeli, atau bahwa menerangkan kelebihan tekstur yang memberi eksklusifitas dan juga indah. Menulis tentang manfaat melibatkan banyak kata sifat, dan berbicara tentang pelanggan itu sendiri.

Gunakan semua nilai jual Anda, tekankan hal-hal yang sesuai dengan keinginan dan nilai pelanggan ideal Anda. Lalu, tambahkan beberapa alasan lagi untuk memiliki pekerjaan Anda. Ciptakan pengalaman membeli yang emosional dengan menulis salinan yang menyentuh perasaan mereka tentang kegembiraan memiliki pekerjaan Anda.

Hasil dari penggunaan deskripsi yang bermuatan emosional tidak pula harus terlalu dramatis. Tugas Anda sebagai pemasar seni adalah menunjukkan bagaimana produk Anda meningkatkan kehidupan pelanggan Anda, dan membuat mereka menantikan pembelian. Di situlah Anda dapat menggunakan kemampuan Anda untuk berkomunikasi untuk memengaruhi keputusan pembelian dan meningkatkan penjualan Anda.

Bahkan ada pula yang mempunyai keahlian dalam narasi, tapi tidak dalam senirupa, mungkin  ada disekitar anda ada?, mintalah bantuannya.

Semoha bermanfaat

 

Komentar