Mencuri Perhatian Galiery dan Kolektor Seni

 


Di era jaman kemudahan  internet pada saat ini, cara pandang seniman dalam mencuri perhatian kolektor dipaksa harus berubah secara signifikan. Dengan Internet maka  tercipta pasar global, disertai keuculan eksponensial berbasis web dan media sosial. inilah budaya global yang memaksa para seniman untuk beradaptasi. Karena para kolektor seni juga bergaul di sana. Seperti halnya para seniman penyanyi di era ini. bagaimana mereka berkompetisi. Keadaan yang terbuka dan revolusioer ini, memaksa seniman menjawab, bagaimana seniman bisa diperhatikan oleh galeri atau kolektor? Dan, apa cara terbaik untuk mendekati mereka sekarang?



Untuk menjawab pertanyaan ini tidak lebih bahwa seniman -terutama seniman pemula- harus menambah kreatifitasnya. Sedikit tips dan cara-cara yang bisa membantu sebuah usaha untuk untuk mencuri perhatian para kolektor,atau galeri

  • Brend Brend adalah mudah bagi para seniman pemula yang mampu menumpang pada seniman lain yang udah punya nama besar. seperti keluarga semiman populer, teman atau relasi dari seniman populer. Tapi bagaimana bagi seniman yang tidak bisa numpang?. Maka cara ini bisa anda lakukan dengan cara menyewa para profesional tertentu yang secara rutin mereka melakukan ini. Banyak platform yang menunggu seniman seperti anda.

  • Jejak digital Jangan Meremehkan Pentingnya Jejak Online Anda. Kehadiran web sangat penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan oleh galeri. Semakin banyak penampilan online yang Anda miliki, semakin baik visibilitas SEO dan peluang keseluruhan untuk dilihat. Maka cek ulang arsip-arsip digital anda, karena arsip jejak digital anda menunjukan keseriusan dan seberapa profesional anda. Kolektor akan meneliti anda

  • Situs web Pastikan anda memiliki situs web yang rapi dan terus terupdate secara teratur. dan lengkapi dengan CV. Perhatikan Penetapan kategori pada galeri anda jangan Sampai acak acakan. Tunjukan hanya karya yang merepresentasikan karya dan keunikan anda. tampilkan Jadwal dan apa yang sedang anda kerjakan.

  • Media Sosial Media Sosial merupakan jendela bagi dunia untuk bisa melihat karya anda. Media sosial juga merupakan arsip dari jejak digital anda. memaksimalkan media ini sehingga sifat dan kepribadian anda dipresentasikan disini. disini akan tergambar konsistensi, keramahan, dan kepedulian anda. Oleh karena itu maka maksimalkan, dan rapikan.

  • Konsisten Ini hal terpenting dari profesionalisme. Jadi kerjakan secara maksimal dan berkesinambungan. Ingat: Ini adalah salah satu etalase digital Anda. Profesionalisme adalah yang paling penting.

  • Tes karya seri Bagi pemula kadang mereka tidak percaya diri dengan karyanya sendiri. tapi jangan malan membuat kesalahan yang tidak melanjutkan berkarya. Lakukanlah pengajuan tes kualitas anda. Ada beberapa galeri yang besedia menerima karya untuk dinilai. Jangan sungkan sungkan ajukan karya seni anda kepada mereka. Setidaknya anda mengatakan pada mereka bahwa anda ada.

  • Maksimalkan Publikasi Bergabunglah dengan situs situs yang terbuka menerima publikasi karya anda. Termasuk komunitas yang menerima anda untuk bisa bergaul dengan mereka. dari jutaan anggota komunitas itu terdapat orang-orang yang secara khusus sedang mencari orang seperti anda.

  • Jaga konsistensi harga Tentukan harga dari karya seni anda secara wajar, dan sebanding dengan karya seni anda. Jangan berharap galeri akan senang jika mereka mengetahui bahwa Anda telah menggandakan harga Anda untuk menutupi biaya komisi mereka. Kerendahan hati dan kejujuran anda dalam menentukan harga akan menentukan karir anda untuk jangka waktu yang lebih panjang ke depan dan membuat semakin senangnya galeri dalam bekerja sama dengan anda.

  • Hibah Kali-kali tidak ada salahnya kita beramal kepada gallery yang punya program sosial. Dengan cara menghibahkan karya seni secara gratis.Tapi lakukan ini dengan cara yang baik, tidak sembarangan berhibah.

  • Bekerja dengan Galeri Lain Sebagian besar galeri mengamati rekan dan pesaing mereka. Jika Anda tidak bisa mendapatkan galeri impian Anda untuk membalas kiriman Anda, ambillah pendekatan alternatif untuk dilihat oleh mereka. Ada banyak galeri di luar sana yang berfokus pada seniman muda dan baru!

  • Asah terus keterampilan melukis anda Teruslah melukis karena ini sesungguhnya pekerjaan anda, terus lakukan, temukan ide dan teknik-teknik baru sehingga semakin sering anda serius dengan pekerjaan pokok anda, Allah sendiri yang akan mengantarkan galeri atau kolektor ke rumah anda. Tentu saja dengan  usaha maksimal mendekati galeri dan kolektor itu dikerjakan.



Jika galeri bukanlah pilihan saat ini, tetaplah bergaul dengan keluarga dan rekan-rekan anda, pasar lokal anda masih mangga dengan karya, segera anda ambil kelas, atau luangkan waktu untuk membuat sendiri. Terkadang itu hanya masalah waktu saja untuk  mencapai level berikutnya sehingga Anda mendapatkan perhatian mereka… sekarang apa? Apa cara terbaik untuk mendekati galeri?,... Wallahu a’lam

Sebagian besar galeri tidak akan menerima pengajuan dan kunjungan mendadak dari seniman,demikian pula merekan tidak akan selalu menawarkan ulasan portofolio. oleh karena itu pastikan untuk melakukan penelitian Anda. dan memperluas wawasan anda tentang mereka.

Sebelum mendekati galeri di ruang mereka, cari tahu apakah mereka menerima kiriman anda atau tidak, dan jika memang ya, verifikasi juga apakah mereka mau meninjau portofolio kita secara langsung atau tidak dan jika ya, jadwalkan janji temu.


Galeri adalah lingkungan yang bekerja dan bergerak cepat dengan jadwal yang padat. Jangan salahkan jika berpaling secara pribadi kemudian kita anggap sebagai penghinaan melainkan itu cerminan dari kesibukan galeri. Periksa situs mereka untuk kebijakan pengiriman mereka. Galeri biasanya memiliki bagian pengiriman di situs web mereka. Periksa halaman "Tentang" dan "Kontak" mereka untuk informasi ini. Atau anda dekati orang profesional yang biasa terlibat dibidang ini.


Berikut daftar beberapa gallery 


  1. Sotheby’s https://www.sothebys.com/en/

  2. Saatchiart https://www.saatchiart.com/

  3. Fine Art America  https: //www,fineart america.com / 

  4. Imagekind   https://www.imagekind.com/ 


Komentar