Situs Web Seni Anda Mesti Keren

 


 

 

Situs web Anda mengungkapkan banyak hal tentang Anda dan karya seni Anda — pastikan bahwa situs yang milik anda itu merepresentasikan keduanya dalam sudut  pandang yang terbaik

 

Karena disinilah semua orang pertama kali mengenal anda. Situs web

seorang pelukis menawarkan kepada audiens Anda cara untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anda, karya Anda, dan bila perlu cantumkan jadwal proyek atau acara yang sedang dan akan dikerjakan sehingga Audiens lebih mengenal anda. Jadi, penting agar bakat Anda terwakili dengan baik di media sosial dan situs Anda. Baik Anda sedang membangun situs baru atau menyegarkan situs lama, Anda menginginkan desain rapi yang membuat keberadaan web Anda mudah dinavigasi dan memungkinkan karya seni Anda menjadi fokus dan bersinar.

Selanjutnya elemen lainnya juga perlukita rapihkan. Ini penting dalam

membangun citra web anda.

Halaman Beranda


 

Beranda Anda adalah hal pertama yang dialami orang, jadi harus segera

memberikan gambaran tentang siapa Anda dan karya yang Anda hasilkan. Foto besar dan header halaman Anda atau selusin thumbnail kecil dan menu drop-down. Bantu audiens Anda menghubungi Anda dengan membuat informasi kontak Anda terlihat jelas. Setelah halaman beranda, informasi kontak Anda harus tersedia secara tetap di bagian bawah setiap halaman, bersama dengan tautan ke semua halaman media sosial Anda.

Pernyataan Artis dan CV

Anda perlu memperkenalkan diri Anda secara umum, dengan pernyataan diri

anda sebagai seorang pelukis. Ini lebih dari bio satu paragraf; ini memberikan gambaran umum tentang pekerjaan Anda dalam hal biografi pribadi Anda, pengaruh budaya di lingkungan anda, tema seni Anda dan pilihan media yang anda gunakan dalam membuat karya Anda.

CV harus mencakup pendidikan seni, pertunjukan, penghargaan dan hibah,

liputan pers, dan koleksi Anda. cantumkan  alamat pribadi tetapi jangan sertakan informasi kontak bisnis Anda. Beberapa artis menyertakan link ke CV mereka di halaman fortopolio artis. Hal ini memungkinkan mereka untuk memperkenalkan diri dan mengesankan audiens sebelum mereka melanjutkan ke CV — pilihan yang baik untuk seniman yang baru mulai lebih menunjukkan karya mereka karena mungkin memiliki daftar penghargaan atau sertifikat terbatas. Sementara Artis dengan lebih banyak pertunjukan, liputan pers dan penghargaan mungkin ingin membuat CV lebih mudah tersedia melalui menu drop-down atau sebagai header halaman.

Pertimbangkan untuk menyertakan PDF CV Anda yang dapat diunduh. Perlu

diingat, bahwa beberapa orang memiliki pemblokir unduhan di komputer mereka, jadi Anda juga ingin CV Anda tersedia untuk dibaca secara online.

Portofolio

Kesalahan besar yang sering dibuat di situs artis adalah menampilkan

terlalu banyak gambar. Penonton Anda tidak perlu melihat semua yang pernah Anda buat. Pamerkan karya-karya yang memberikan kesan terbaik dari gaya dan konten Anda.

Anda juga ingin menghindari godaan untuk meletakkan terlalu banyak karya

seni pada satu halaman, dan sebaliknya fokus pada mengatur situs Anda dengan cara yang paling ramah untuk pengguna. Selain itu, ini akan membantu dengan Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO), yang membuat situs Anda berada di urutan teratas hasil penelusuran dengan Google, Bing, atau mesin telusur lainnya. Halaman web yang jelas terfokus dan dibedakan lebih mudah ditemukan oleh mesin telusur dan akibatnya meningkat dalam hasil penelusuran. Selain itu, pastikan situs web Anda mudah dinavigasi di ponsel seperti di komputer desktop.

Tampilkan yang Mewakili Diri Anda

Memilih gambar seringkali merupakan tugas tersulit. Bahkan setelah Anda

membatasi subdivisi, Anda harus terus membatasi thumbnail di setiap kategori. Anggaplah Anda hanya dapat menampilkan satu karya; mana yang akan kamu pilih? Jadikan pekerjaan itu menonjol. Kemudian, pertimbangkan empat bagian apa yang akan Anda tambahkan pada yang satu itu untuk menunjukkan keragaman, kesatuan tematik, atau aspek lain dari pekerjaan Anda. Anda mungkin ingin menambahkan selusin lagi, tapi tapi sebaiknya jangan lebih, karena selebihnya anda bias presentasikan di bagian blog. Dengan semua karya ini dipilih, buat tata letak yang mengelompokkan mereka sedemikian rupa sehingga menyediakan beberapa organisasi visual untuk pemirsa online Anda.



Untuk setiap karya seni, pastikan untuk menyertakan judul, media,

dimensi, harga (jika dijual melalui situs Anda), dan tahun karya. Hal ini tidak hanya memberi pengunjung informasi yang mereka butuhkan jika mereka ingin membeli karya seni, tetapi juga membuat situs web Anda lebih dapat ditelusuri oleh mesin telusur. Selain itu, meskipun Anda tidak hanya perlu memposting gambar karya seni yang tersedia, Anda harus menjelaskan karya mana yang tersedia dan mana yang tidak untuk dijual.

 

Mengorganisir Karya Seni

Jika Anda bekerja di beberapa media (melukis, menggambar, memahat,

keramik, dll.), Pertimbangkan untuk membuat subdivisi untuk masing-masing media. Namun, berhati-hatilah agar tidak memiliki terlalu banyak kategori ini. Media dan metode pilihan Anda harus menyajikan hubungan yang jelas. Jika Anda memiliki beragam praktik, pekerjaan Anda mungkin tampak terputus.

Jika Anda bekerja di satu media tetapi karya seni Anda termasuk dalam

beberapa kategori subjek (lanskap, potret, benda mati, bunga, hewan, dll.), Masalah yang sama berlaku. Seberapa penting pemisahan antara tipe-tipe ini? Temukan cara untuk mengelompokkan beberapa — seperti tema lukisan dan motif bunga. Juga pertimbangkan bahwa pekerjaan Anda di beberapa bidang ini mungkin bukan representasi terkuat tentang siapa Anda sebagai seniman.

Secara umum, tiga subdivisi sudah cukup. Beberapa keragaman diharapkan,

tetapi terlalu banyak menunjukkan bahwa Anda masih menemukan jati diri Anda sebagai seniman. Anda ingin tampil percaya diri ke arah Anda.

Blog

Situs web seniman bukan hanya tempat untuk memamerkan karya Anda, tetapi

juga memberi kesan kepada pengunjung tentang siapa Anda sebagai pencipta. Pengunjung ingin terhubung dengan Anda sebagai pribadi, dan blog adalah cara yang bagus untuk memberi tahu orang-orang tentang diri Anda, inspirasi Anda, dan menawarkan pandangan orang dalam tentang proses dan pekerjaan Anda di balik layar. Gunakan blog untuk menceritakan kisah Anda dan pastikan untuk menjaganya tetap otentik dan diperbarui.


Berita dan Acara

Sertakan halaman dengan informasi tentang acara mendatang, festival,

kelas, dan kesempatan lain untuk bertemu Anda. Jika Anda memiliki pendaftaran buletin atau formulir kontak, letakkan di sini. Beberapa artis memilih untuk memisahkan liputan pers dari acara, dan itu masuk akal jika Anda memiliki banyak daftar di area ini. Namun, sampai saat itu, jangan membuat langkah yang tidak perlu untuk audiens Anda; cukup desain tata letak halaman Anda sehingga ada pembagian yang jelas antara acara dan item pers.

Daftar pers Anda harus menyertakan nama pengarang, judul, di mana karya

itu diterbitkan, dan tanggal publikasi. Urutkan daftar dalam urutan kronologis, dimulai dari yang terbaru. Jika memungkinkan, berikan hyperlink melalui judul bagian ke halaman web ulasan atau wawancara. Idealnya, tautan harus terbuka di tab atau halaman baru.

Nama Situs dan URL

Banyak artis menggunakan nama mereka sebagai judul situs web mereka,

tetapi itu tidak akan berfungsi jika ada beberapa orang dan situs web lain dengan nama yang sama dengan milik Anda. Renungkan bagaimana Anda bisa membedakan diri Anda dari orang lain. Telusuri nama Anda dan kata "artis" di internet. Lakukan lagi dengan media khusus Anda. Pertimbangkan untuk memasukkan nama tengah Anda, genre Anda, lokasi Anda atau kata kunci. Bergantung pada sufiks domain seperti ".com", ".net" atau ".org" untuk membedakan situs web Anda dari situs lain tidaklah cukup. Selain itu, untuk situs yang lebih profesional, pastikan untuk memiliki nama domain Anda sendiri. Situs web hosting gratis sering kali menambahkan iklan, teks, dan grafik yang dapat mengalihkan perhatian dari seni Anda.

Anda mungkin ingin memiliki judul situs web yang sama sekali berbeda dari

nama Anda. Dalam hal ini, pastikan Anda menyertakan judul itu di semua materi Anda untuk menciptakan asosiasi yang kuat untuk audiens Anda. Cantumkan nama itu di kartu bisnis, pernyataan pers, dan selebaran Anda — dan sebutkan secara teratur dalam percakapan untuk membantu menciptakan koneksi.


Konstruksi Situs Web

Anda tidak perlu membangun situs web dari awal. Ada banyak platform

pembuatan situs web bagus yang menyediakan tempelet untuk menyederhanakan prosesnya bagi Anda. Ada juga desainer hebat yang akan membantu Anda membuat situs kustom atau membantu menghasilkan atau memperbaiki pekerjaan Anda di salah satu situs template ini.

  1. Artmajeur.com » Website for artists ! adalah tempat yang bagus dan sudah siap pakai buat para seniman seperti anda. tampilannya yang fropesioal dan bisa anda sesuaikan dengan karakter anda. Insyaallah ke depan kita bahas secara khusus.
  2.  WordPress adalah platform yang populer dan mudah digunakan. Berbagai pilihan templatnya memungkinkan Anda membuat tampilan yang dipersonalisasi. Penyiapan awal membutuhkan usaha, tetapi gratis
  3. Squarespac memiliki biaya bulanan yang rendah, tetapi beberapa menganggap platform ini lebih mudah digunakan. 
  4. Anda pun bisa googleing situs yang pas buat website yang menawarkan web dan design web. yang bagus dan cocok tentung dengan karakter seni anda

Proyek yang sedang berlangsung

Lihat situs web artis lain untuk mengetahui apa yang Anda suka — dan apa

yang tidak. Imitasi baik-baik saja. Ambil ide terbaik untuk membuat dan menjaga situs Anda tetap segar. Juga, perkirakan untuk membuat perubahan selama bertahun-tahun. Pertahankan situs Anda dan perbarui secara teratur dengan seni dan informasi baru untuk menunjukkan kerja keras Anda sebagai seniman dan membuat pengunjung datang kembali untuk lebih.

 

Sumber : artistsnetwork 

Posting ini diadaptasi dan diperbarui dari artikel "A Site Better" yang

ditulis oleh C.J. Kent untuk Artists Magazine. Kent adalah seorang penulis dan editor lepas. Dia juga pendiri Script dan Type, yang membantu orang mengekspresikan diri secara efektif secara tertulis dan secara langsung.


Komentar