Kualitas karya seni dibalik layar




Karya seni anda mestinya menjadi bermanfaat bagi seniman dan khalayak atau peminatnya. sehingga sebagian dari mereka benar-benar jatuh cinta pada karya anda. Tidaklah cukup kemahiran dalam teknik, atau objek yang ditampilkan, tapi semua aspek yang balik layar juga mesti berarti. Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan dibalik sebuah karya seni 

1. Ide yang cemerlang

Apapun yang terlintas pada imajinasi, emosi, atau ungkapan hati anda dapat dikomunikasikan kepada dunia ini, dengan cara apapun. Peliharalah apa yang ada pada diri anda sampai anda mendapatkan sebuah ide cemerlang untuk mengaplikasikannya dalam bentuk sebuah karya seni yang bernilai. Ada saatnya ada masih mendapatkan kekosongan, maka saat itulah anda dapat nyantai untuk bersilaturrahmi kepada keluarga, teman atau siapa saja, atau bertafakur dengan apa yang ada dihadapan anda. sampai tiba saatnya ide itu datang dan anda mengatakan " Ahha..!! " .Tapi pekerjaan ini bisa aja membuat anda terlena sehingga lupa akan waktu, maka jangan lupa fokuslah pada pekerjaan anda.

2. Kerjakan

Segera kerjakan apa yang hendak anda kerjakan dengan tahapan-tahapan yang anda sukai. ada beberapa seniman yang melakukan tahapan sesuai arahan gurunya, atau buku panduan, itu terserah anda. mana yang lebih menyenangkan. Sketsa biasanya rukun paling standar pada kebanyakan para seniman. Bila perlu buatlah sketsa dimana aja, kemudian fotolah sketsa itu.

Jangan lupa segera kerjakan tahapan awal ini. Karena inilah sesungguhnya pekerjaan orang-orang kreatif. Jangan menunggu datangnya ide baru. Kerjakanlah, dengan konsentrasi yang penuh dan sungguh-sungguh. Inilah nilai yang tersembunyi yang akan bisa dilihat oleh para konsumen atau kolektor profesional. 

3. Kreativitas

Ini bagian yang lebih spesifik tentang diri anda seorang seniman. Gunakan semua jurus kemampuan mu dalam berkreasi, Jangan kaku dan takut untuk mengambil goresan, pilih warna dan ulasan gambar pada media lukisan atau karya anda. usahakan fokus anda jangan hanya pada spot tertentu, tapi fokus lah pada seluruh detil yang akan anda buat. Sehingga tidak terkesan sisanya asal-asalan. Jadi hasil yang akan dicapai betul betul karya yang tuntas.

4. Expresi total

Gunakan seluruh media untuk karya anda itu secara maksimal. usahakan buang pengaruh-pengaruh orang lain menempel pada karya anda, kecuali hanya memanfaatkan insfirasi saja, ini Diri anda, inilah karya anda. Sehingga anda sendiri nantinya mampu berkomunikasi dengan penikmat seni tanpa perlu tambahan narasi lagi. Cukuplah karya anda sendiri yang mewakili ucapan anda. Jangan lupakan dan pahami estetika karena ini pula yang akan memberi gambaran tentang tentang diri anda.

5. Kesempurnaan maksimal

Gunakan bahan dan media yang layak untuk karya anda yang hebat supaya kerja anda yang maksimal sejalan dengan kelayakan bahan optimal. Jangan sampai karya yang bagus terletak pada bahan yang tidak pantas untuk karya tersebut. Gunakan bahan dan material kualitas terbaik jika ide dan kerja keras anda juga terbaik.

Semua sentuhan dan goresan anda juga tentu saja harus semaksimal mungkin. Jangan biarkan ada sudut atau bagian yang terkesan dibiarkan tak berarti. karena ini akan berbicara pula pada penikmat seni, seluruh detil karya seni anda adalah kata-kata anda.

6. Bersabarlah

Bersabarlah! karena kejenuhan dalam berkarya itu adalah kualitas diri anda. Mereka yang sudah fropesional seperti kelinatannya begitu mudah, padahal mereka sebenarnya sama, bedanya kesabaran dan tehnik yang terlatih lama.

7. periksa ulang

Pemeriksaan sangatlah penting karena untuk memastikan karya anda tidak ada kesalahan, atau kebetulan, dapatkan pelajaran dari setip kesalahan yang didapat

6. Buatlah deskripsi

Dengan pengerjaan yang maksimal maka sangatlah mudah untuk membuat deskripsi dari karya anda, karena tahu betul isi dalaman dari karya anda. Deskripsikan dengan penuh rasa. deskripsi ini penting buat tambahan atau pembuka imajinasi bagi orang lain yang hendak menikmati karya anda. 

Setelah itu langkah berikutnya adalah mengumumkannya pada khalayak
Insyaallah di tulisan berikutnya kita akan bahas

Komentar